Senangnya Ngaji Perdana di TPQ KU

MediaKU | Kamis, 8 Oktober 2020. Menjelang azan sholat Ashar belasan anak-anak dari Lingkungan Jelok, Desa Kayen riuh riang, tidak biasanya mereka menunaikan solat Ahsar berjamaah di masjid Baitush Sholihin. Masjid yang begitu besar dan megah pada masanya. Hari itu hari yang sangat dinanti anak-anak. Setelah sekian lama mereka jarang bermain bersama-sama, semenjak mereka belajar dari rumah. Hanya sesekali program home visit dari sekolah mempertemukan mereka dalam skala kecil.

Sore itu pembukaan perdana Taman Pendidikan Al Quran Khoiru Ummah. TPQ yang digagas oleh Tilawati Center Pacitan Khoiru Ummah. Anak-anak antusias mengikuti masa orientasi, masuk perdana pembelajaran Al Quran menggunakan metode tilawati, hari itu anak-anak belum memulai pembelajaran. Anak-anak diajak berkeliling, menyapa alam sekitar sambil mensyukuri nikmat Allah, dengan mencari makhluk ciptaan Allah yang mereka temui, sambil sesekali menyapa Bapak/Ibu warga masyarakat dengan sapaan “Monggo, ndherek langkung“.

TPQ KU ya itulah nama tempat ngaji mereka, tempat mereka belajar cara membaca AL Quran dengan metode baru. Nada iramanya diatur sedemikian rupa agar enak didengarkan. Irama rost namanya. Yang jika didengarkan serupa irama nada naik dan nada turun. TPQ KU hadir tidak untuk menggantikan waktu anak-anak mengaji di lingkungan sekitar, namun hadir untuk menambah khasanah keilmuan anak-anak. Agar kelak anak-anak semakin termotivasi untuk memperoleh beragam cara menuntut ilmu sebanyak mungkin meskipun hanya satu ilmu yaitu membaca Al Quran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.